Metode Tanya jawab
Dimaksudkan
untuk menanyakan sejauh mana siswa telah mengetahui materi yang telah
diberikan, seta mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran siswa. Adapun
langkah-langkah untuk mempersiapkan pelaksanaan metode tanya jawab adalah
menentukan secara jelas kompetensi yang hendak dicapai, merumuskan dan menyusun
pertanyaan dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menetapkan
berbagai jawaban.
Kelebihan
:
1.
Kelas menjadi
lebih hidup dan lebih aktif
2.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.
Dapat mengetahui
sejauh mana siswa memahami materi
Kelemahannya
:
1.
Terkadang
pertanyaan menyimpang dari materi pokok
2.
Memerlukan waktu
yang lebih banyak
Metode diskusi
Merupakan
cara penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengadakan perbincangan ilmiah, mengemukakan pendapat dan menyusun
kesimpulan atau menemukan berbagai alternative pemecahan masalah. Agar diskusi
dapat berjalan tertib, maka diperlukan pimpinan diskusi. Peran pimpinan diskusi
meliputi tiga hal yakni sebagai pengatur lalu lintas, dinding penangkis dan
penunjuk jalan (Sri Anitah Wiryawan, 1990 : 1-21).
Kegunaan metode diskusi :
- Memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyalurkan kemampuannya
- Membantu siswa berlatih
berfikir kritis
- Menilai kemampuan dan peranan
masing-masing siswa
- Membantu siswa untuk dapat
merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah
- Memberikan motivasi agar siswa
belajar lebih lanjut
Kelebihan
:
- Melatih siswa untuk
bermusyawarah
- Melatih siswa menghargai
pendapat orang lain
- Mengembangkan sikap ilmiah
Kelemahan
:
- Memerlukan waktu yang banyak
- Jalannya diskusi dapat
dikuasai oleh satu siswa yang gemar berbicara
- Tergantung pada kepemimpinan
siswa dan partisipasi anggota
Metode demonstrasi
Merupakan
cara mengajar dimana guru atau orang luar memperlihatkan kepada seluruh siswa
suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Perlu diketahui bahwa metode
demonstrasi menjadi kurang bermakna jika barang yang didemonstrasikan terlalu
kecil sehingga susah untuk diamati.
Kelebihan :
- Perhatian siswa dapat dipusatkan
- Peran serta siswa dapat
meningkat
- Siswa dapat mendapat
kesempatan untuk berfikir ilmiah
Kelemahan
:
- Tidak efektif jika tidak semua
siswa dapat ikut serta
- Memerlukan waktu yang lama
sumber : Strategi Belajar Mengajar, Haryanto dkk, FIP UNY, 2003.
20 Desember 2013
Label:
STRATEGI PEMBELAJARAN
Label:
STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode Tanya jawab
Dimaksudkan
untuk menanyakan sejauh mana siswa telah mengetahui materi yang telah
diberikan, seta mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran siswa. Adapun
langkah-langkah untuk mempersiapkan pelaksanaan metode tanya jawab adalah
menentukan secara jelas kompetensi yang hendak dicapai, merumuskan dan menyusun
pertanyaan dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menetapkan
berbagai jawaban.
Kelebihan
:
1.
Kelas menjadi
lebih hidup dan lebih aktif
2.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.
Dapat mengetahui
sejauh mana siswa memahami materi
Kelemahannya
:
1.
Terkadang
pertanyaan menyimpang dari materi pokok
2.
Memerlukan waktu
yang lebih banyak
Metode diskusi
Merupakan
cara penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengadakan perbincangan ilmiah, mengemukakan pendapat dan menyusun
kesimpulan atau menemukan berbagai alternative pemecahan masalah. Agar diskusi
dapat berjalan tertib, maka diperlukan pimpinan diskusi. Peran pimpinan diskusi
meliputi tiga hal yakni sebagai pengatur lalu lintas, dinding penangkis dan
penunjuk jalan (Sri Anitah Wiryawan, 1990 : 1-21).
Kegunaan metode diskusi :
- Memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyalurkan kemampuannya
- Membantu siswa berlatih
berfikir kritis
- Menilai kemampuan dan peranan
masing-masing siswa
- Membantu siswa untuk dapat
merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah
- Memberikan motivasi agar siswa
belajar lebih lanjut
Kelebihan
:
- Melatih siswa untuk
bermusyawarah
- Melatih siswa menghargai
pendapat orang lain
- Mengembangkan sikap ilmiah
Kelemahan
:
- Memerlukan waktu yang banyak
- Jalannya diskusi dapat
dikuasai oleh satu siswa yang gemar berbicara
- Tergantung pada kepemimpinan
siswa dan partisipasi anggota
Metode demonstrasi
Merupakan
cara mengajar dimana guru atau orang luar memperlihatkan kepada seluruh siswa
suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Perlu diketahui bahwa metode
demonstrasi menjadi kurang bermakna jika barang yang didemonstrasikan terlalu
kecil sehingga susah untuk diamati.
Kelebihan :
- Perhatian siswa dapat dipusatkan
- Peran serta siswa dapat
meningkat
- Siswa dapat mendapat
kesempatan untuk berfikir ilmiah
Kelemahan
:
- Tidak efektif jika tidak semua
siswa dapat ikut serta
- Memerlukan waktu yang lama
sumber : Strategi Belajar Mengajar, Haryanto dkk, FIP UNY, 2003.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: