Metode Tanya jawab 

Dimaksudkan untuk menanyakan sejauh mana siswa telah mengetahui materi yang telah diberikan, seta mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran siswa. Adapun langkah-langkah untuk mempersiapkan pelaksanaan metode tanya jawab adalah menentukan secara jelas kompetensi yang hendak dicapai, merumuskan dan menyusun pertanyaan dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menetapkan berbagai jawaban.
Kelebihan :
1.      Kelas menjadi lebih hidup dan lebih aktif
2.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi
Kelemahannya :
1.      Terkadang pertanyaan menyimpang dari materi pokok
2.      Memerlukan waktu yang lebih banyak
3.      Materi yang telah ditentukan tidak selalu dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan 

Metode diskusi

Merupakan cara penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah, mengemukakan pendapat dan menyusun kesimpulan atau menemukan berbagai alternative pemecahan masalah. Agar diskusi dapat berjalan tertib, maka diperlukan pimpinan diskusi. Peran pimpinan diskusi meliputi tiga hal yakni sebagai pengatur lalu lintas, dinding penangkis dan penunjuk jalan (Sri Anitah Wiryawan, 1990 : 1-21).
Kegunaan metode diskusi :
  1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuannya
  2. Membantu siswa berlatih berfikir kritis
  3. Menilai kemampuan dan peranan masing-masing siswa
  4. Membantu siswa untuk dapat merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah
  5. Memberikan motivasi agar siswa belajar lebih lanjut
Kelebihan :
  1. Melatih siswa untuk bermusyawarah
  2. Melatih siswa menghargai pendapat orang lain
  3. Mengembangkan sikap ilmiah
Kelemahan :
  1. Memerlukan waktu yang banyak
  2. Jalannya diskusi dapat dikuasai oleh satu siswa yang gemar berbicara
  3. Tergantung pada kepemimpinan siswa dan partisipasi anggota
 Metode demonstrasi

Merupakan cara mengajar dimana guru atau orang luar memperlihatkan kepada seluruh siswa suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Perlu diketahui bahwa metode demonstrasi menjadi kurang bermakna jika barang yang didemonstrasikan terlalu kecil sehingga susah untuk diamati.
Kelebihan :
  1. Perhatian siswa dapat dipusatkan
  2. Peran serta siswa dapat meningkat
  3. Siswa dapat mendapat kesempatan untuk berfikir ilmiah
Kelemahan :
  1. Tidak efektif jika tidak semua siswa dapat ikut serta
  2. Memerlukan waktu yang lama
 sumber : Strategi Belajar Mengajar, Haryanto dkk, FIP UNY, 2003. 

0 komentar:

Posting Komentar

Metode Tanya jawab 

Dimaksudkan untuk menanyakan sejauh mana siswa telah mengetahui materi yang telah diberikan, seta mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran siswa. Adapun langkah-langkah untuk mempersiapkan pelaksanaan metode tanya jawab adalah menentukan secara jelas kompetensi yang hendak dicapai, merumuskan dan menyusun pertanyaan dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menetapkan berbagai jawaban.
Kelebihan :
1.      Kelas menjadi lebih hidup dan lebih aktif
2.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi
Kelemahannya :
1.      Terkadang pertanyaan menyimpang dari materi pokok
2.      Memerlukan waktu yang lebih banyak
3.      Materi yang telah ditentukan tidak selalu dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan 

Metode diskusi

Merupakan cara penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah, mengemukakan pendapat dan menyusun kesimpulan atau menemukan berbagai alternative pemecahan masalah. Agar diskusi dapat berjalan tertib, maka diperlukan pimpinan diskusi. Peran pimpinan diskusi meliputi tiga hal yakni sebagai pengatur lalu lintas, dinding penangkis dan penunjuk jalan (Sri Anitah Wiryawan, 1990 : 1-21).
Kegunaan metode diskusi :
  1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuannya
  2. Membantu siswa berlatih berfikir kritis
  3. Menilai kemampuan dan peranan masing-masing siswa
  4. Membantu siswa untuk dapat merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah
  5. Memberikan motivasi agar siswa belajar lebih lanjut
Kelebihan :
  1. Melatih siswa untuk bermusyawarah
  2. Melatih siswa menghargai pendapat orang lain
  3. Mengembangkan sikap ilmiah
Kelemahan :
  1. Memerlukan waktu yang banyak
  2. Jalannya diskusi dapat dikuasai oleh satu siswa yang gemar berbicara
  3. Tergantung pada kepemimpinan siswa dan partisipasi anggota
 Metode demonstrasi

Merupakan cara mengajar dimana guru atau orang luar memperlihatkan kepada seluruh siswa suatu benda asli, benda tiruan atau suatu proses. Perlu diketahui bahwa metode demonstrasi menjadi kurang bermakna jika barang yang didemonstrasikan terlalu kecil sehingga susah untuk diamati.
Kelebihan :
  1. Perhatian siswa dapat dipusatkan
  2. Peran serta siswa dapat meningkat
  3. Siswa dapat mendapat kesempatan untuk berfikir ilmiah
Kelemahan :
  1. Tidak efektif jika tidak semua siswa dapat ikut serta
  2. Memerlukan waktu yang lama
 sumber : Strategi Belajar Mengajar, Haryanto dkk, FIP UNY, 2003. 

0 komentar:

Posting Komentar