Karakteristik Inovasi Pendidikan

Everett M. Rogers (1993 : 14-16) mengemukakan karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan inovasi, sebagai berikut : 

1. keuntungan relatif yaitu sejauh mana inovasi dianggap menguntungkan bagi penerimanya. 
2. kompatibel yaitu tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai, pengalaman lalu dan kebutuhan dari penerima. 
3. kompleksitas ialah tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima. 
4. trialabilitas adalah dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima. 
5. dapat diamati ialah mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi. 


Zaltman, Duncan dan Holbek mengemukakan bahwa cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh atribut sendiri. Suatu inovasi dapat merupakan kombinasi dari berbagai macam atribut (Zaltman, 1973 : 32-50). Beberapa atribut inovasi yang dikemukakan oleh Zaltman, sebagai berikut : 
1. pembiayaan 
2. balik modal 
3. efisiensi 
4. mudah dikomunikasikan 
5. kompatibilitas 
6. kompleksitas 
7. status ilmiah 
8. kepentingan umum 
9. dapat dilihat kemanfaatannya
10. kadar keaslian 

sumber : Inovasi Pendidikan, Udin Syaefudin, 2012. Bandung : Alfabeta

0 komentar:

Posting Komentar

Karakteristik Inovasi Pendidikan

Everett M. Rogers (1993 : 14-16) mengemukakan karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan inovasi, sebagai berikut : 
1. keuntungan relatif yaitu sejauh mana inovasi dianggap menguntungkan bagi penerimanya. 
2. kompatibel yaitu tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai, pengalaman lalu dan kebutuhan dari penerima. 
3. kompleksitas ialah tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima. 
4. trialabilitas adalah dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima. 
5. dapat diamati ialah mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi. 


Zaltman, Duncan dan Holbek mengemukakan bahwa cepat lambatnya penerimaan inovasi dipengaruhi oleh atribut sendiri. Suatu inovasi dapat merupakan kombinasi dari berbagai macam atribut (Zaltman, 1973 : 32-50). Beberapa atribut inovasi yang dikemukakan oleh Zaltman, sebagai berikut : 
1. pembiayaan 
2. balik modal 
3. efisiensi 
4. mudah dikomunikasikan 
5. kompatibilitas 
6. kompleksitas 
7. status ilmiah 
8. kepentingan umum 
9. dapat dilihat kemanfaatannya
10. kadar keaslian 

sumber : Inovasi Pendidikan, Udin Syaefudin, 2012. Bandung : Alfabeta

0 komentar:

Posting Komentar