A.
Pengertian
Proses Komunikasi
Istilah
komunikasi berasal dari perkataan Latin communication dan bersumber dari kata
communis yang berarti sama. Pengertian komunikasi ini sifatnya dasariah, dalam
arti kata kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna
antara dua pihak yang terlibat. Edgar Dale membuat batasan pengertian
komunikasi sebagai “saling berbagi bersama gagasan dan perasaan dalam suasana
kebersamaan”. Dari berbagai pendapat
mengenai pengertian komunikasi, maka perlu dirumuskan suatu pengertian
komunikasi yang lengkap sebagai berikut : komunikasi adalah proses saling
berbagi informasi dan gagasan/perasaan yang berupa symbol atau lambing yang
mengandung arti/makna antar pihak, sehingga menjadi milik bersama.
- Bagaimana
Proses Komunikasi Berlangsung
Salah satu cara untuk lebih memahami pengertian
komunikasi adalah dengan cara memahami bagaimna proses komunikasi berlangsung.
Adapun cara memahaminya adalah dengan melihat gambaran perwujudan yang
disederhanakan dari suatu proses. Salah satu gambar proses komunikasi yang
pertama adalah berasal dari bidang Matematika yang dikembangkan oleh Claude
Shannon dan Warren Weaver. Gambar ini lebih tepat diterapkan pada komunikasi
mesin ke mesin daripada komunikasi antar manusia. Lebih tepat menggambarkan
sebuah siaran radio yang mana seorang penyiar akan mengucapkan informasi yang
akan ditransmisikan dalam bentuk gelombang radio yang pada gilirannya akan
mengubah isyarat ke suara yang dapat didengar untuk didengar.
Adler
dan Rodman (1982) menggambarkan komunikasi antar pribadi dalam suatu gambar. Dalam
gambar tersebut ketika pesan sampai ke orang lain, maka kebalikan dari proses
yang digambarkan terdahulu akan terjadi. Penerima harus memecahkan lambing yang
diterima dalam perasaan, maksud atau pikiran yang mempunyai sesuatu arti
baginya. Beberapa kesalahpahaman antara penyampai dengan penerima pesan
tersebut disebabkan oleh beberapa factor yang melatarbelakangi ketidak samaan
pengalaman masing-masing yang menimbulkan kesukaran berkomunikasi satu sama
lain.
- Media
pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar
Istilah
proses belajar mengajar menunjuk pada dua proses atau kegiatan yaitu
proses/kegiatan belajar dan proses/kegiatan mengajar. Media pembelajaran adalah
sarana pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk
mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.
- Kerucut
Pengalaman Edgar Gale
Edgar
Dale dengan model kerucut pengalamannya menentukan alat bantu apa yang paling
sesuai dengan pengalaman belajar siswa. Ia mencoba menunjukkan rentang derajad
kekonkretan dan keabstrakan berbagai pengalaman belajar. Model Dale menunjukkan
bahwa makin tinggi letak suatu jenis media dalam kerucut tersebut, makin tinggi
pula derajad keabstrakannya dan makin sempit dan kecil pula totalitas realita
yang disajikan.
- Kegunaan
Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar
Secara
umum media pembelajaran mempunyai beberapa kegunaan antara lain :
1. Memperjelas
penyajian pesan
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.
Mendorong sikap
aktif siswa
- Karakteristik
Media Pembelajaran
1. Media
grafis
Termasuk media visual yang berfungsi untuk
menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Berfungsi untuk menarik
perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang
mungkin akan cepat dilupakan bila tidak digrafiskan. Beberapa jenis media
grafis yaitu :
a. Gambar/foto
Media
yang paling umum dipakai, mudah dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana.
b. Sketsa
Merupakan
gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokonya
tanpa detail.
c. Diagram
Adalah
gambar sederhana yang menggunakan garis-garis atau symbol-simbol.
d. Bagan/chart
Termasuk
media visual yang berfungsi menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit
dipahami bila hanya disampaikan secara lisan atau tertulis.
e. Grafik
Merupakan
gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar seringkali
dilengkapi dengan symbol-simbol verbal.
f. Kartun
Bentuk
komunikasi yang berupa suatu gambar interpretative yang menggunakan
symbol-simbol untuk menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas.
g. Poster
Sangat
efektif untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu.
h. Peta
dan globe
Pada
dasarnya berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi.
2. Media
Audio
Berfungsi untuk menyalurkan pesan
auditif dari sumber ke penerima pesan. Beberapa jenis media antara lain :
a. Radio
Berfungsi
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi audio, meningkatkan kemampuan apresiasi
dan imajinasi. Kelebihan dari radio antara lain :
1. Program
siaran radio dapat direkam
2. Daya
jangkauannya luas
3. Dapat
mengembangkan daya imajinasi anak
4. Dapat
menyajikan laporan seketika
5. Dapat
mengatasi batasan ruang dan waktu
b. Tape
recorder dan pita audio
Berfungsi meningkatkan komunikasi audio, membuat
suasana belajar lebih mantap dan komunikatif, dan mengembangkan kemampuan
apresiasi dan imajinasi siswa. Kelebihannya antara lain :
a. Mempunyai
fungsi ganda yang efektif
b. Pita
rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mengurangi kualitasnya
c. Dapat
digunakan sesuai jadwal
d. Sangat
efisien untuk pengajaran bahasa
3. Media
Proyeksi Diam
Mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti
menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Perbedaannya adalah bila media grafis
dapat langsung berinteraksi dengan pesan media, sedang pada media proyeksi diam
pesan harus diproyeksikan dengan proyektor agar dapat dilihat oleh sasaran.
Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain : film bingkai, film strip,
overhead projector, micro projection dengan microfilm.
4. Media
Audio Visual
a. Televisi
Merupakan
media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual disertai
dengan unsur gerak. Kelebihannya antara lain :
b. Video
Pesan
yang disajikan video dapat bersifat fakta maupun fiktif dapat pula bersifat
informative, edukatif maupun instruksional.
c. Permainan
dan simulasi
Permainan
adalah setiap kontes antara pemain yang berinteraksi satu sama lain dengan
mengikuti aturan-aturan untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap permainan harus
mempunyai empat komponen yaitu :
1. Adanya
pemain
2. Adanya
lingkungan
3. Adanya
aturan-aturan main
4. Adanya
tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai
Simulasi
adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu realitas. Menggambarkan
unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu adanya setting, pemain, aturan, tujuan
dan penyajian model situasi sebenarnya.
27 Desember 2013
Label:
STRATEGI PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Label:
STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Proses Komunikasi
Istilah
komunikasi berasal dari perkataan Latin communication dan bersumber dari kata
communis yang berarti sama. Pengertian komunikasi ini sifatnya dasariah, dalam
arti kata kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna
antara dua pihak yang terlibat. Edgar Dale membuat batasan pengertian
komunikasi sebagai “saling berbagi bersama gagasan dan perasaan dalam suasana
kebersamaan”. Dari berbagai pendapat
mengenai pengertian komunikasi, maka perlu dirumuskan suatu pengertian
komunikasi yang lengkap sebagai berikut : komunikasi adalah proses saling
berbagi informasi dan gagasan/perasaan yang berupa symbol atau lambing yang
mengandung arti/makna antar pihak, sehingga menjadi milik bersama.
- Bagaimana
Proses Komunikasi Berlangsung
Salah satu cara untuk lebih memahami pengertian
komunikasi adalah dengan cara memahami bagaimna proses komunikasi berlangsung.
Adapun cara memahaminya adalah dengan melihat gambaran perwujudan yang
disederhanakan dari suatu proses. Salah satu gambar proses komunikasi yang
pertama adalah berasal dari bidang Matematika yang dikembangkan oleh Claude
Shannon dan Warren Weaver. Gambar ini lebih tepat diterapkan pada komunikasi
mesin ke mesin daripada komunikasi antar manusia. Lebih tepat menggambarkan
sebuah siaran radio yang mana seorang penyiar akan mengucapkan informasi yang
akan ditransmisikan dalam bentuk gelombang radio yang pada gilirannya akan
mengubah isyarat ke suara yang dapat didengar untuk didengar.
Adler
dan Rodman (1982) menggambarkan komunikasi antar pribadi dalam suatu gambar. Dalam
gambar tersebut ketika pesan sampai ke orang lain, maka kebalikan dari proses
yang digambarkan terdahulu akan terjadi. Penerima harus memecahkan lambing yang
diterima dalam perasaan, maksud atau pikiran yang mempunyai sesuatu arti
baginya. Beberapa kesalahpahaman antara penyampai dengan penerima pesan
tersebut disebabkan oleh beberapa factor yang melatarbelakangi ketidak samaan
pengalaman masing-masing yang menimbulkan kesukaran berkomunikasi satu sama
lain.
- Media
pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar
Istilah
proses belajar mengajar menunjuk pada dua proses atau kegiatan yaitu
proses/kegiatan belajar dan proses/kegiatan mengajar. Media pembelajaran adalah
sarana pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk
mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.
- Kerucut
Pengalaman Edgar Gale
Edgar
Dale dengan model kerucut pengalamannya menentukan alat bantu apa yang paling
sesuai dengan pengalaman belajar siswa. Ia mencoba menunjukkan rentang derajad
kekonkretan dan keabstrakan berbagai pengalaman belajar. Model Dale menunjukkan
bahwa makin tinggi letak suatu jenis media dalam kerucut tersebut, makin tinggi
pula derajad keabstrakannya dan makin sempit dan kecil pula totalitas realita
yang disajikan.
- Kegunaan
Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar
Secara
umum media pembelajaran mempunyai beberapa kegunaan antara lain :
1. Memperjelas
penyajian pesan
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.
Mendorong sikap
aktif siswa
- Karakteristik
Media Pembelajaran
1. Media
grafis
Termasuk media visual yang berfungsi untuk
menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Berfungsi untuk menarik
perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang
mungkin akan cepat dilupakan bila tidak digrafiskan. Beberapa jenis media
grafis yaitu :
a. Gambar/foto
Media
yang paling umum dipakai, mudah dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana.
b. Sketsa
Merupakan
gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokonya
tanpa detail.
c. Diagram
Adalah
gambar sederhana yang menggunakan garis-garis atau symbol-simbol.
d. Bagan/chart
Termasuk
media visual yang berfungsi menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit
dipahami bila hanya disampaikan secara lisan atau tertulis.
e. Grafik
Merupakan
gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar seringkali
dilengkapi dengan symbol-simbol verbal.
f. Kartun
Bentuk
komunikasi yang berupa suatu gambar interpretative yang menggunakan
symbol-simbol untuk menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas.
g. Poster
Sangat
efektif untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu.
h. Peta
dan globe
Pada
dasarnya berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi.
2. Media
Audio
Berfungsi untuk menyalurkan pesan
auditif dari sumber ke penerima pesan. Beberapa jenis media antara lain :
a. Radio
Berfungsi
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi audio, meningkatkan kemampuan apresiasi
dan imajinasi. Kelebihan dari radio antara lain :
1. Program
siaran radio dapat direkam
2. Daya
jangkauannya luas
3. Dapat
mengembangkan daya imajinasi anak
4. Dapat
menyajikan laporan seketika
5. Dapat
mengatasi batasan ruang dan waktu
b. Tape
recorder dan pita audio
Berfungsi meningkatkan komunikasi audio, membuat
suasana belajar lebih mantap dan komunikatif, dan mengembangkan kemampuan
apresiasi dan imajinasi siswa. Kelebihannya antara lain :
a. Mempunyai
fungsi ganda yang efektif
b. Pita
rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mengurangi kualitasnya
c. Dapat
digunakan sesuai jadwal
d. Sangat
efisien untuk pengajaran bahasa
3. Media
Proyeksi Diam
Mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti
menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Perbedaannya adalah bila media grafis
dapat langsung berinteraksi dengan pesan media, sedang pada media proyeksi diam
pesan harus diproyeksikan dengan proyektor agar dapat dilihat oleh sasaran.
Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain : film bingkai, film strip,
overhead projector, micro projection dengan microfilm.
4. Media
Audio Visual
a. Televisi
Merupakan
media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual disertai
dengan unsur gerak. Kelebihannya antara lain :
b. Video
Pesan
yang disajikan video dapat bersifat fakta maupun fiktif dapat pula bersifat
informative, edukatif maupun instruksional.
c. Permainan
dan simulasi
Permainan
adalah setiap kontes antara pemain yang berinteraksi satu sama lain dengan
mengikuti aturan-aturan untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap permainan harus
mempunyai empat komponen yaitu :
1. Adanya
pemain
2. Adanya
lingkungan
3. Adanya
aturan-aturan main
4. Adanya
tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai
Simulasi
adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu realitas. Menggambarkan
unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu adanya setting, pemain, aturan, tujuan
dan penyajian model situasi sebenarnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: