MEDIA PEMBELAJARAN


        A.    Pengertian Proses Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari perkataan Latin communication dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Pengertian komunikasi ini sifatnya dasariah, dalam arti kata kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna antara dua pihak yang terlibat. Edgar Dale membuat batasan pengertian komunikasi sebagai “saling berbagi bersama gagasan dan perasaan dalam suasana kebersamaan”. Dari berbagai pendapat  mengenai pengertian komunikasi, maka perlu dirumuskan suatu pengertian komunikasi yang lengkap sebagai berikut : komunikasi adalah proses saling berbagi informasi dan gagasan/perasaan yang berupa symbol atau lambing yang mengandung arti/makna antar pihak, sehingga menjadi milik bersama.
  1. Bagaimana Proses Komunikasi Berlangsung
Salah satu cara untuk lebih memahami pengertian komunikasi adalah dengan cara memahami bagaimna proses komunikasi berlangsung. Adapun cara memahaminya adalah dengan melihat gambaran perwujudan yang disederhanakan dari suatu proses. Salah satu gambar proses komunikasi yang pertama adalah berasal dari bidang Matematika yang dikembangkan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver. Gambar ini lebih tepat diterapkan pada komunikasi mesin ke mesin daripada komunikasi antar manusia. Lebih tepat menggambarkan sebuah siaran radio yang mana seorang penyiar akan mengucapkan informasi yang akan ditransmisikan dalam bentuk gelombang radio yang pada gilirannya akan mengubah isyarat ke suara yang dapat didengar untuk didengar.
Adler dan Rodman (1982) menggambarkan komunikasi antar pribadi dalam suatu gambar. Dalam gambar tersebut ketika pesan sampai ke orang lain, maka kebalikan dari proses yang digambarkan terdahulu akan terjadi. Penerima harus memecahkan lambing yang diterima dalam perasaan, maksud atau pikiran yang mempunyai sesuatu arti baginya. Beberapa kesalahpahaman antara penyampai dengan penerima pesan tersebut disebabkan oleh beberapa factor yang melatarbelakangi ketidak samaan pengalaman masing-masing yang menimbulkan kesukaran berkomunikasi satu sama lain.

  1. Media pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar
Istilah proses belajar mengajar menunjuk pada dua proses atau kegiatan yaitu proses/kegiatan belajar dan proses/kegiatan mengajar. Media pembelajaran adalah sarana pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  1. Kerucut Pengalaman Edgar Gale
Edgar Dale dengan model kerucut pengalamannya menentukan alat bantu apa yang paling sesuai dengan pengalaman belajar siswa. Ia mencoba menunjukkan rentang derajad kekonkretan dan keabstrakan berbagai pengalaman belajar. Model Dale menunjukkan bahwa makin tinggi letak suatu jenis media dalam kerucut tersebut, makin tinggi pula derajad keabstrakannya dan makin sempit dan kecil pula totalitas realita yang disajikan.
  1. Kegunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar
Secara umum media pembelajaran mempunyai beberapa kegunaan antara lain :
1.      Memperjelas penyajian pesan
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.      Mendorong sikap aktif siswa
  1. Karakteristik Media Pembelajaran
1.      Media grafis
Termasuk media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan bila tidak digrafiskan. Beberapa jenis media grafis yaitu :
a.       Gambar/foto
Media yang paling umum dipakai, mudah dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana.
b.      Sketsa
Merupakan gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokonya tanpa detail.
c.       Diagram
Adalah gambar sederhana yang menggunakan garis-garis atau symbol-simbol.
d.      Bagan/chart
Termasuk media visual yang berfungsi menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit dipahami bila hanya disampaikan secara lisan atau tertulis.
 e.       Grafik
Merupakan gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar seringkali dilengkapi dengan symbol-simbol verbal.
f.       Kartun
Bentuk komunikasi yang berupa suatu gambar interpretative yang menggunakan symbol-simbol untuk menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas.
g.      Poster
Sangat efektif untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu.
h.      Peta dan globe
Pada dasarnya berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi.
2.      Media Audio
Berfungsi untuk menyalurkan pesan auditif dari sumber ke penerima pesan. Beberapa jenis media antara lain :
a.       Radio
Berfungsi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi audio, meningkatkan kemampuan apresiasi dan imajinasi. Kelebihan dari radio antara lain :
1.      Program siaran radio dapat direkam
2.      Daya jangkauannya luas
3.      Dapat mengembangkan daya imajinasi anak
4.      Dapat menyajikan laporan seketika
5.      Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
b.      Tape recorder dan pita audio
Berfungsi meningkatkan komunikasi audio, membuat suasana belajar lebih mantap dan komunikatif, dan mengembangkan kemampuan apresiasi dan imajinasi siswa. Kelebihannya antara lain :
a.       Mempunyai fungsi ganda yang efektif
b.      Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mengurangi kualitasnya
c.       Dapat digunakan sesuai jadwal
d.      Sangat efisien untuk pengajaran bahasa
3.      Media Proyeksi Diam
Mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Perbedaannya adalah bila media grafis dapat langsung berinteraksi dengan pesan media, sedang pada media proyeksi diam pesan harus diproyeksikan dengan proyektor agar dapat dilihat oleh sasaran. Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain : film bingkai, film strip, overhead projector, micro projection dengan microfilm.
4.      Media Audio Visual
a.       Televisi
Merupakan media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual disertai dengan unsur gerak. Kelebihannya antara lain :
b.      Video
Pesan yang disajikan video dapat bersifat fakta maupun fiktif dapat pula bersifat informative, edukatif maupun instruksional.
c.       Permainan dan simulasi
Permainan adalah setiap kontes antara pemain yang berinteraksi satu sama lain dengan mengikuti aturan-aturan untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap permainan harus mempunyai empat komponen yaitu :
1.      Adanya pemain
2.      Adanya lingkungan
3.      Adanya aturan-aturan main
4.      Adanya tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai
Simulasi adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu realitas. Menggambarkan unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu adanya setting, pemain, aturan, tujuan dan penyajian model situasi sebenarnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

MEDIA PEMBELAJARAN


        A.    Pengertian Proses Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari perkataan Latin communication dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Pengertian komunikasi ini sifatnya dasariah, dalam arti kata kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna antara dua pihak yang terlibat. Edgar Dale membuat batasan pengertian komunikasi sebagai “saling berbagi bersama gagasan dan perasaan dalam suasana kebersamaan”. Dari berbagai pendapat  mengenai pengertian komunikasi, maka perlu dirumuskan suatu pengertian komunikasi yang lengkap sebagai berikut : komunikasi adalah proses saling berbagi informasi dan gagasan/perasaan yang berupa symbol atau lambing yang mengandung arti/makna antar pihak, sehingga menjadi milik bersama.
  1. Bagaimana Proses Komunikasi Berlangsung
Salah satu cara untuk lebih memahami pengertian komunikasi adalah dengan cara memahami bagaimna proses komunikasi berlangsung. Adapun cara memahaminya adalah dengan melihat gambaran perwujudan yang disederhanakan dari suatu proses. Salah satu gambar proses komunikasi yang pertama adalah berasal dari bidang Matematika yang dikembangkan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver. Gambar ini lebih tepat diterapkan pada komunikasi mesin ke mesin daripada komunikasi antar manusia. Lebih tepat menggambarkan sebuah siaran radio yang mana seorang penyiar akan mengucapkan informasi yang akan ditransmisikan dalam bentuk gelombang radio yang pada gilirannya akan mengubah isyarat ke suara yang dapat didengar untuk didengar.
Adler dan Rodman (1982) menggambarkan komunikasi antar pribadi dalam suatu gambar. Dalam gambar tersebut ketika pesan sampai ke orang lain, maka kebalikan dari proses yang digambarkan terdahulu akan terjadi. Penerima harus memecahkan lambing yang diterima dalam perasaan, maksud atau pikiran yang mempunyai sesuatu arti baginya. Beberapa kesalahpahaman antara penyampai dengan penerima pesan tersebut disebabkan oleh beberapa factor yang melatarbelakangi ketidak samaan pengalaman masing-masing yang menimbulkan kesukaran berkomunikasi satu sama lain.

  1. Media pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar
Istilah proses belajar mengajar menunjuk pada dua proses atau kegiatan yaitu proses/kegiatan belajar dan proses/kegiatan mengajar. Media pembelajaran adalah sarana pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  1. Kerucut Pengalaman Edgar Gale
Edgar Dale dengan model kerucut pengalamannya menentukan alat bantu apa yang paling sesuai dengan pengalaman belajar siswa. Ia mencoba menunjukkan rentang derajad kekonkretan dan keabstrakan berbagai pengalaman belajar. Model Dale menunjukkan bahwa makin tinggi letak suatu jenis media dalam kerucut tersebut, makin tinggi pula derajad keabstrakannya dan makin sempit dan kecil pula totalitas realita yang disajikan.
  1. Kegunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar
Secara umum media pembelajaran mempunyai beberapa kegunaan antara lain :
1.      Memperjelas penyajian pesan
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3.      Mendorong sikap aktif siswa
  1. Karakteristik Media Pembelajaran
1.      Media grafis
Termasuk media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan bila tidak digrafiskan. Beberapa jenis media grafis yaitu :
a.       Gambar/foto
Media yang paling umum dipakai, mudah dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana.
b.      Sketsa
Merupakan gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokonya tanpa detail.
c.       Diagram
Adalah gambar sederhana yang menggunakan garis-garis atau symbol-simbol.
d.      Bagan/chart
Termasuk media visual yang berfungsi menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit dipahami bila hanya disampaikan secara lisan atau tertulis.
 e.       Grafik
Merupakan gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar seringkali dilengkapi dengan symbol-simbol verbal.
f.       Kartun
Bentuk komunikasi yang berupa suatu gambar interpretative yang menggunakan symbol-simbol untuk menyampaikan pesan secara cepat dan ringkas.
g.      Poster
Sangat efektif untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu.
h.      Peta dan globe
Pada dasarnya berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi.
2.      Media Audio
Berfungsi untuk menyalurkan pesan auditif dari sumber ke penerima pesan. Beberapa jenis media antara lain :
a.       Radio
Berfungsi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi audio, meningkatkan kemampuan apresiasi dan imajinasi. Kelebihan dari radio antara lain :
1.      Program siaran radio dapat direkam
2.      Daya jangkauannya luas
3.      Dapat mengembangkan daya imajinasi anak
4.      Dapat menyajikan laporan seketika
5.      Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
b.      Tape recorder dan pita audio
Berfungsi meningkatkan komunikasi audio, membuat suasana belajar lebih mantap dan komunikatif, dan mengembangkan kemampuan apresiasi dan imajinasi siswa. Kelebihannya antara lain :
a.       Mempunyai fungsi ganda yang efektif
b.      Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mengurangi kualitasnya
c.       Dapat digunakan sesuai jadwal
d.      Sangat efisien untuk pengajaran bahasa
3.      Media Proyeksi Diam
Mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Perbedaannya adalah bila media grafis dapat langsung berinteraksi dengan pesan media, sedang pada media proyeksi diam pesan harus diproyeksikan dengan proyektor agar dapat dilihat oleh sasaran. Beberapa jenis media proyeksi diam antara lain : film bingkai, film strip, overhead projector, micro projection dengan microfilm.
4.      Media Audio Visual
a.       Televisi
Merupakan media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual disertai dengan unsur gerak. Kelebihannya antara lain :
b.      Video
Pesan yang disajikan video dapat bersifat fakta maupun fiktif dapat pula bersifat informative, edukatif maupun instruksional.
c.       Permainan dan simulasi
Permainan adalah setiap kontes antara pemain yang berinteraksi satu sama lain dengan mengikuti aturan-aturan untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap permainan harus mempunyai empat komponen yaitu :
1.      Adanya pemain
2.      Adanya lingkungan
3.      Adanya aturan-aturan main
4.      Adanya tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai
Simulasi adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu realitas. Menggambarkan unsur-unsur permainan dan simulasi yaitu adanya setting, pemain, aturan, tujuan dan penyajian model situasi sebenarnya. 

0 komentar:

Posting Komentar