Strategi Pembelajaran



      A.    Pengertian
            Salah satu tugas utama guru adalah melaksanakan tugas pengelolaan kelas. Tujuan pengelolaan kelas adalah agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dalam suasana yang menyenangkan.
      B.     Berbagai Definisi
1.      Lois V. Johnson dan Mary A.Bany dalam bukunya Classroom Management menyatakan mengenai pengelolaan kelas sebagai berikut : (a) mempertahankan ketertiban kelas ; (b) proses seleksi yang menggunakan alat-alat yang tetap problem dan situasi kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara sistem organisasi kelas, sehingga individu dapat memanfaatkan kemampuan dan bakat inerginya pada tugas-tugas individual.
2.      J.M. Cooper (1977), mengelompokkan definisi pengelolaan kelas menjadi lima kelompok sebagai berikut :
a    .    Pengelolaan kelas sebagai proses untuk mengontrol tingkah laku siswa dan pandangan ini bersifat otoritatif.
b   .      Guru bertugas memaksimalkan perwujudan kebebasan siswa.
c   .       Menggunakan prinsip perubahan tingkah laku. Pengelolaan kelas sebagai proses perubahan tingkah laku siswa.
d   .      Pengelolaan kelas sebagai proses penciptaan iklim sosio emosional yang positip di dalam kelas.
    .       Pengajaran berlangsung dalam kaitannya dengan kelompok/grup. Peranan guru adalah berkembangnya dan berprestasi system kelas yang efektif. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif.
3.      Djauzak Ahmad (1994), pengelolaan kelas adalah usaha menciptakan kelas agar terwujud suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuannya.
4.      Menurut Sudirman N.,dkk. (1991:310), pengelolaan kelas sebagai upaya mendayagunakan potensi kelas.
5.      Hadari Nawawi (1991:15), menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah kemampuan guru dalam mendayagunakan potensi kelas, berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap program untuk melakukan kegiatan-kegiatan proaktif dan terarah.
6.      Dalam The Glarier Dictionary of The English Languang (1974:578), tertulis : Management is the art of managing, directing, carrying on, or using for a purpose, administrating, contains handlingor treatment, the body of directions or managers of any business, concern of interest collectively.
7.      Drs.Winarno Hamiseno (1978:1) menyatakan bahwa mengelola berarti suatu tindakan yang dimulai dari penyusunan data, merencana, mengorganisasikan, melaksanakan sampai dengan pengawasan dan penilaian.
     C.    Aspek-aspek dalam Pengelolaan Kelas
            Dalam pengelolaan kelas tugas-tugas guru : mengontrol, mengatur, mendisiplinkan siswa bukanlah tugas yang tepat lagi. Pengelolaan kelas merupakan aktivitas guru dalam memanfaatkan ketrampilan guru dalam memutuskan tindakan yang harus didasarkan pada pengertian tentang karakteristik kelas, kekuatan mendorong siswa untuk bertindak, memahami dan mendiagnosis situasi kelas dan kemampuan untuk bertindak selektif serta kreatif untuk memperbaiki suasana kelas.
            Lois V. Johnson dan Mary Bany (1970) menyatakan bahwa aspek yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas, antara lain :
1.      Karakteristik kelas
2.      Kekuatan pendorong kelas
3.      Memahami situasi kelas
4.      Mendiagnosis situasi kelas
5.      Bertindak kreatif
6.      Bertindak selektif
7.      Bertindak untuk memperbaiki kelas
            Fungsi pengelolaan kelas ditinjau dari analisis problem adalah memberi dan melengkapi fasilitas untuk segala macam tugas serta memelihara agar tugas-tugas itu dapat berjalan dengan lancar.
     D.    Berbagai Pendekatan dalam pengelolaan Kelas
Ada banyak cara guru melakukan pendekatan dalam pengelolaan kelas itu, antara lain :
1.      Pendekatan pengajaran
2.      Pendekatan perubahan tingkah laku
3.      Pendekatan resep
4.      Pendekatan suasana emosional dan hubungan sosial
5.      Pendekatan proses kelompok
6.      Pendekatan kebebasan
7.      Pendekatan kekuasaan
8.      Pendekatan ancaman
     E.     Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
Menurut Aswan Zain,dkk (1996:2) guru menggunakan prinsip-prinsip pengelolaan kelas sebagai berikut :
1.      Prinsip hangat dan antusia
2.      Prinsip tantangan
3.      Prinsip bervariasi
4.      Prinsip keluwesan
5.      Penanaman disiplin diri
6.      Penekanan pada hal-hal yang positif

0 komentar:

Posting Komentar

Strategi Pembelajaran



      A.    Pengertian
            Salah satu tugas utama guru adalah melaksanakan tugas pengelolaan kelas. Tujuan pengelolaan kelas adalah agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dalam suasana yang menyenangkan.
      B.     Berbagai Definisi
1.      Lois V. Johnson dan Mary A.Bany dalam bukunya Classroom Management menyatakan mengenai pengelolaan kelas sebagai berikut : (a) mempertahankan ketertiban kelas ; (b) proses seleksi yang menggunakan alat-alat yang tetap problem dan situasi kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara sistem organisasi kelas, sehingga individu dapat memanfaatkan kemampuan dan bakat inerginya pada tugas-tugas individual.
2.      J.M. Cooper (1977), mengelompokkan definisi pengelolaan kelas menjadi lima kelompok sebagai berikut :
a    .    Pengelolaan kelas sebagai proses untuk mengontrol tingkah laku siswa dan pandangan ini bersifat otoritatif.
b   .      Guru bertugas memaksimalkan perwujudan kebebasan siswa.
c   .       Menggunakan prinsip perubahan tingkah laku. Pengelolaan kelas sebagai proses perubahan tingkah laku siswa.
d   .      Pengelolaan kelas sebagai proses penciptaan iklim sosio emosional yang positip di dalam kelas.
    .       Pengajaran berlangsung dalam kaitannya dengan kelompok/grup. Peranan guru adalah berkembangnya dan berprestasi system kelas yang efektif. Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif.
3.      Djauzak Ahmad (1994), pengelolaan kelas adalah usaha menciptakan kelas agar terwujud suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuannya.
4.      Menurut Sudirman N.,dkk. (1991:310), pengelolaan kelas sebagai upaya mendayagunakan potensi kelas.
5.      Hadari Nawawi (1991:15), menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah kemampuan guru dalam mendayagunakan potensi kelas, berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap program untuk melakukan kegiatan-kegiatan proaktif dan terarah.
6.      Dalam The Glarier Dictionary of The English Languang (1974:578), tertulis : Management is the art of managing, directing, carrying on, or using for a purpose, administrating, contains handlingor treatment, the body of directions or managers of any business, concern of interest collectively.
7.      Drs.Winarno Hamiseno (1978:1) menyatakan bahwa mengelola berarti suatu tindakan yang dimulai dari penyusunan data, merencana, mengorganisasikan, melaksanakan sampai dengan pengawasan dan penilaian.
     C.    Aspek-aspek dalam Pengelolaan Kelas
            Dalam pengelolaan kelas tugas-tugas guru : mengontrol, mengatur, mendisiplinkan siswa bukanlah tugas yang tepat lagi. Pengelolaan kelas merupakan aktivitas guru dalam memanfaatkan ketrampilan guru dalam memutuskan tindakan yang harus didasarkan pada pengertian tentang karakteristik kelas, kekuatan mendorong siswa untuk bertindak, memahami dan mendiagnosis situasi kelas dan kemampuan untuk bertindak selektif serta kreatif untuk memperbaiki suasana kelas.
            Lois V. Johnson dan Mary Bany (1970) menyatakan bahwa aspek yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas, antara lain :
1.      Karakteristik kelas
2.      Kekuatan pendorong kelas
3.      Memahami situasi kelas
4.      Mendiagnosis situasi kelas
5.      Bertindak kreatif
6.      Bertindak selektif
7.      Bertindak untuk memperbaiki kelas
            Fungsi pengelolaan kelas ditinjau dari analisis problem adalah memberi dan melengkapi fasilitas untuk segala macam tugas serta memelihara agar tugas-tugas itu dapat berjalan dengan lancar.
     D.    Berbagai Pendekatan dalam pengelolaan Kelas
Ada banyak cara guru melakukan pendekatan dalam pengelolaan kelas itu, antara lain :
1.      Pendekatan pengajaran
2.      Pendekatan perubahan tingkah laku
3.      Pendekatan resep
4.      Pendekatan suasana emosional dan hubungan sosial
5.      Pendekatan proses kelompok
6.      Pendekatan kebebasan
7.      Pendekatan kekuasaan
8.      Pendekatan ancaman
     E.     Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
Menurut Aswan Zain,dkk (1996:2) guru menggunakan prinsip-prinsip pengelolaan kelas sebagai berikut :
1.      Prinsip hangat dan antusia
2.      Prinsip tantangan
3.      Prinsip bervariasi
4.      Prinsip keluwesan
5.      Penanaman disiplin diri
6.      Penekanan pada hal-hal yang positif

0 komentar:

Posting Komentar