STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menentukan situasi belajar yang akan berlangsung. Pendekatan pembelajaran adalah cara yang dilakukan untuk menyelesaikan persoalan pembelajaran secara menyeluruh. Banyak model pendekatan pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan. Pemilihan model pendekatan harus relevan dengan tujuan dan harus tampak baik dalam perencanaan pembelajaran maupun situasi pembelajaran.
Teori Belajar yang Melandasi Pemilihan Model Pendekatan Pembelajaran
  1. Teori Ausubel
Belajar bermakana akan terjadi bila konsep baru dikaitkan dengan konsep yang sudah ada dalam struktur kognitif. Konsep-konsep baru tersebut akan mengalami difrensiasi progresif, sedangkan penyesuaian konsep dalam struktur kognitif bersifat integratif. Sehingga factor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah apa yang telah diketahui oleh siswa sebelumnya.
  1. Teori belajar Robert Gagne
Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang bersifat hirarki dan prerequisiter. Sehingga perubahan perilaku harus dimulai dari hal-hal yang bersifat sederhana sampai pada hal yang bersifat komplek.
  1. Teori belajar Bruner
Lebih dikenal dengan istilah Discovery learning, yang menyatakan bahwa belajar merupakan suatu proses mencari, bukan menyampaikan atau menghafalkan. Hal tersebut akan terjadi jika ada suatu kesenjangan antara apa yang dipikirkan dengan kenyataan yang ada. Setiap peristiwa belajar memuat 3 hal secara simultan yaitu :
a.       Kegiatan mendapatkan informasi baru
b.      Transformasi informasi menjadi bentuk pengetahuan
c.       Mengevaluasi/mempertimbangkan apakah informasi yang diperoleh tepat atau tidak dapat membentuk suatu konsep yang baru.
  1. Model Pendekatan Induktif
Ciri utama model pembelajaran induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan data untuk membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian. Data yang digunakan mungkin merupakan data primer atau data sekunder, dapat berupa angka-angka maupun berupa kasus-kasus riel yang terjadi di lingkungan. Langkah umum implementasi strategi induktif adalah :
  1. Presenting examples, ditandai dengan adanya data atau contoh yang disampaikan guru atau diamati langsung oleh siswa.
  2. Closure, fase ini berfungsi untuk klarifikasi konsep dari data atau contoh yang telah disampaikan terdahulu dan telah dibahas bersama dengan siswa.
  3. Additional examples, fase ini merupakan langkah akhir dari seluruh kegiatan model induktif. Fungsinya antara lain untuk menguatkan konsep yang telah ditemukan terdahulu, sebagai tes terhadap pengertian yang telah diperoleh, dan sebagai tambahan informasi bagi guru.
  1. Model Pendekatan Pencapaian Konsep ( Concept Learning )
Merupakan pengembangan dari pola induktif umum. Konsep learning merupakan suatu proses alami bagi semua orang untuk segala usia. Langkah-langkah perencanaan model ini adalah :
a.       Identifikasi tujuan pembelajaran
b.      Memilih contoh atau data
c.       Mengurutkan contoh
d.      Memilih media
Adapun implementasi dari strategi ini adalah :
a.       Presenting examples
b.      Analisis of characteristic.
c.       Evaluating Concept Attainment Activies.
  1. Strategi pembelajaran model TABA
Merupakan pengembangan dari model induktif. Ciri utamanya adalah pendekatan proses. Langkah perencanaan dengan menggunakan strategi model TABA adalah dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan membuat tabel data pengamatan. Implementasi model TABA dalam proses pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Listing ( membuat daftar gejala/fakta )
b.      Grouping (mengelompokkan)
c.       Labeling ( memberi nama/label)
d.      Data collecting (koleksi data)
e.       Generalizing
f.       Explaining
g.      Predicting
h.      Closure
  1. Strategi Pembelajaran Model Deduktif
Ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran. Perencanaan model deduktif meliputi mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyiapkan konsep dan contoh-contohnya. Adapun implementasinya meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Presentation of the abstraction
b.      Clarification of term
c.       Presentation of examples
d.      Student generate examples
  1. Strategi Pembelajaran Model Ausubel
Ditandai dengan adanya peta konsep yang disiapkan oleh guru untuk keperluan pembelajaran. Peta konsep ini dimaksudkan untuk membantu siswa menguraikan konsep yang umum menjadi konsep yang spesifik. Langkah perencanaan model ini adalah identifikasi tujuan pembelajaran, membuat urutan dan hirarhi materi serta mengorganisasi konsep atau membuat peta konsep. Adapun urutan implementasi model Ausubel adalah :
a.       Presentation of advance organizer
b.      Progressive differentiation
c.       Integrative reconciliation
d.      Variation of the model
  1. Strategi Pembelajaran Inquiry Model Suchman
Ditandai dengan proses pemecahan masalah melalui tahapan prosedur ilmiah yaitu :
a.       Identifikasi masalah
b.      Merumuskan hipotesis
c.       Mencari data untuk membuktikan hipotesis
d.      Merevisi hipotesis
e.       Mengulang langkah 3 dan 4 sampai hipotesisnya terbukti atau gagal.
Langkah perncanaannya meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, menyiapkan masalah dan memilih medium untuk terjadinya aktivitas inquiry. Sedangkan langkah implementasinya adalah :
1.      Presenting of the problems
2.      Hypothesizing and data gathering
3.      Closure

sumber : Strategi Pembelajaran, UNY 

0 komentar:

Posting Komentar

STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menentukan situasi belajar yang akan berlangsung. Pendekatan pembelajaran adalah cara yang dilakukan untuk menyelesaikan persoalan pembelajaran secara menyeluruh. Banyak model pendekatan pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan. Pemilihan model pendekatan harus relevan dengan tujuan dan harus tampak baik dalam perencanaan pembelajaran maupun situasi pembelajaran.
Teori Belajar yang Melandasi Pemilihan Model Pendekatan Pembelajaran
  1. Teori Ausubel
Belajar bermakana akan terjadi bila konsep baru dikaitkan dengan konsep yang sudah ada dalam struktur kognitif. Konsep-konsep baru tersebut akan mengalami difrensiasi progresif, sedangkan penyesuaian konsep dalam struktur kognitif bersifat integratif. Sehingga factor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah apa yang telah diketahui oleh siswa sebelumnya.
  1. Teori belajar Robert Gagne
Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang bersifat hirarki dan prerequisiter. Sehingga perubahan perilaku harus dimulai dari hal-hal yang bersifat sederhana sampai pada hal yang bersifat komplek.
  1. Teori belajar Bruner
Lebih dikenal dengan istilah Discovery learning, yang menyatakan bahwa belajar merupakan suatu proses mencari, bukan menyampaikan atau menghafalkan. Hal tersebut akan terjadi jika ada suatu kesenjangan antara apa yang dipikirkan dengan kenyataan yang ada. Setiap peristiwa belajar memuat 3 hal secara simultan yaitu :
a.       Kegiatan mendapatkan informasi baru
b.      Transformasi informasi menjadi bentuk pengetahuan
c.       Mengevaluasi/mempertimbangkan apakah informasi yang diperoleh tepat atau tidak dapat membentuk suatu konsep yang baru.
  1. Model Pendekatan Induktif
Ciri utama model pembelajaran induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan data untuk membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian. Data yang digunakan mungkin merupakan data primer atau data sekunder, dapat berupa angka-angka maupun berupa kasus-kasus riel yang terjadi di lingkungan. Langkah umum implementasi strategi induktif adalah :
  1. Presenting examples, ditandai dengan adanya data atau contoh yang disampaikan guru atau diamati langsung oleh siswa.
  2. Closure, fase ini berfungsi untuk klarifikasi konsep dari data atau contoh yang telah disampaikan terdahulu dan telah dibahas bersama dengan siswa.
  3. Additional examples, fase ini merupakan langkah akhir dari seluruh kegiatan model induktif. Fungsinya antara lain untuk menguatkan konsep yang telah ditemukan terdahulu, sebagai tes terhadap pengertian yang telah diperoleh, dan sebagai tambahan informasi bagi guru.
  1. Model Pendekatan Pencapaian Konsep ( Concept Learning )
Merupakan pengembangan dari pola induktif umum. Konsep learning merupakan suatu proses alami bagi semua orang untuk segala usia. Langkah-langkah perencanaan model ini adalah :
a.       Identifikasi tujuan pembelajaran
b.      Memilih contoh atau data
c.       Mengurutkan contoh
d.      Memilih media
Adapun implementasi dari strategi ini adalah :
a.       Presenting examples
b.      Analisis of characteristic.
c.       Evaluating Concept Attainment Activies.
  1. Strategi pembelajaran model TABA
Merupakan pengembangan dari model induktif. Ciri utamanya adalah pendekatan proses. Langkah perencanaan dengan menggunakan strategi model TABA adalah dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan membuat tabel data pengamatan. Implementasi model TABA dalam proses pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Listing ( membuat daftar gejala/fakta )
b.      Grouping (mengelompokkan)
c.       Labeling ( memberi nama/label)
d.      Data collecting (koleksi data)
e.       Generalizing
f.       Explaining
g.      Predicting
h.      Closure
  1. Strategi Pembelajaran Model Deduktif
Ditandai dengan pemaparan konsep, definisi dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran. Perencanaan model deduktif meliputi mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyiapkan konsep dan contoh-contohnya. Adapun implementasinya meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Presentation of the abstraction
b.      Clarification of term
c.       Presentation of examples
d.      Student generate examples
  1. Strategi Pembelajaran Model Ausubel
Ditandai dengan adanya peta konsep yang disiapkan oleh guru untuk keperluan pembelajaran. Peta konsep ini dimaksudkan untuk membantu siswa menguraikan konsep yang umum menjadi konsep yang spesifik. Langkah perencanaan model ini adalah identifikasi tujuan pembelajaran, membuat urutan dan hirarhi materi serta mengorganisasi konsep atau membuat peta konsep. Adapun urutan implementasi model Ausubel adalah :
a.       Presentation of advance organizer
b.      Progressive differentiation
c.       Integrative reconciliation
d.      Variation of the model
  1. Strategi Pembelajaran Inquiry Model Suchman
Ditandai dengan proses pemecahan masalah melalui tahapan prosedur ilmiah yaitu :
a.       Identifikasi masalah
b.      Merumuskan hipotesis
c.       Mencari data untuk membuktikan hipotesis
d.      Merevisi hipotesis
e.       Mengulang langkah 3 dan 4 sampai hipotesisnya terbukti atau gagal.
Langkah perncanaannya meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, menyiapkan masalah dan memilih medium untuk terjadinya aktivitas inquiry. Sedangkan langkah implementasinya adalah :
1.      Presenting of the problems
2.      Hypothesizing and data gathering
3.      Closure

sumber : Strategi Pembelajaran, UNY 

0 komentar:

Posting Komentar